Cari Blog Ini

Senin, 27 Desember 2010

Natal, tanggal dan dibalik tanggal itu

selamat natal buat kita semua,.
dalam tulisan kali ini aku ingin menceritakan sedikit pengalamanku sekolah di tempat yang kristen, tapi di sekolahku ini tidak merayakan natal pada tanggal 25 desember.
waktu itu aku kaget karena saat pindah ke sekolah tersebut tidak ada perayaan natal dan juga saat aku mengatakan selamat natal, ada beberapa orang yang mengatakan: "aku nggak merayakan natal" meskipun mereka itu kristen. tapi setelah beberapa lama aku sekolah disana dan mengenal apa yang menjadi latar belakang gereja mereka tidak merayakan natal.
yaitu karena:
- tidak ada di alkitab yang mengatakan pada tanggal 25 des adalah hari kelahiran tuhan
- kalo dilihat tanggal 25 des di bethlehem adalah musim dingin dan bukan musin panas seperti yang dkatakan di alkitab bahwa para gembala sedang menggembalakan dombanya.
- dan tanggal 25 des itu adalah dimana sejarah dari tanggal itu adalah perubahan dari perayaan kepada dewa matahari.
jadi dari itu mereka tidak merayakan natal pada tanggal 25, tapi tetap memercayai bahwa yesus pernah lahir di dunia.

aku dari kecil bergereja di GKI yang merayakan natal pada tangal 25 desember dan itu telah menjadi kebiasaanku sampai sekarang.
waktu pertama kali aku bersekolah disana ada banyak kebingungan di aku kenapa mereka tidak merayakan, dan kenapa gerejaku merayakan.
pernah kau berpikir bahwa gereja mereka salah dan gerejaku benar, dan juga pernah juga sebaliknya
aku pernah berdebat dengan temanku tentang hal ini dan pernah membuat aku kesal dalam memegang bahwa natal tanggal 25.

tapi semakin ke pada saat ini aku tidak lagi berpikir untuk mempermasalahkan tanggal yang menjadi hari natal, dan juga sejarah dari tanggal 25 tersebut sebagai hari natal yang banyak dirayakan oleh seorang kristen, meskipun banyak juga kristen yang tidak merayakan natal pada tanggal 25.

yang menjadi pemikiranku tentang natal adalah kembali mengingat kembali bahwa yesus pernah lahir untuk kita..
meskipun ada di luar sana berbagai perbincangan bahwa yesus tidak lahir tanggal 25, atau 25 dulunya adalah pemujaan terhadap dewa matahari dan lain2.
tapi yang pasti dan telah diyakini adalah: Yesus pernah lahir ke dunia.

so, rayakanlah natal dengan memaknai Yesus pernah lahir ke dunia..^^
selamat natal dan rayakanlah
Gbu

Tidak ada komentar: